Fungsi Partikel Bahasa Jepang : wa, mo dan ga (は、も、が) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Fungsi Partikel Bahasa Jepang : wa, mo dan ga (は、も、が) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Fungsi Partikel Bahasa Jepang : wa, mo dan ga (は、も、が)

Pelajaran sebelumnya adalah berkenalan dengan bahasa Jepang, dan kali ini kita akan mulai PDKT  belajar bahasa Jepang dasar. Di sini kita akan belajar tentang partikel-partikel dalam bahasa Jepang atau disebut joshi (助詞).

Ada banyak sekali partikel dalam bahasa Jepang tapi untuk kali ini kita bahas 3 partikel dasar dulu ya, yaitu partikel subjek は (walaupun tulisan hiragananya “ha” tapi selalu dibaca “wa”)  lalu dilanjutkan belajar partikel も (mo)  dan  が (ga)  untuk partikel-partikel  yang lain nanti menyusul ya, insya Allah^^. Ok mari kita mulai pelajarannya.

Fungsi Partikel wa (は)

Biasa disebut dengan partikel topik, partikel ini sebenarnya tidak memiliki arti, hanya sebuah kata bantu saja, tapi untuk memudahkan pemula kalian bisa mengartikannya dengan kata "adalah/mengenai" rumusnya seperti ini TOPIK+WA+PENJELASAN. Topiknya bisa berupa subjek hingga bisa satu kalimat penuh. Contoh:

私の名前はりずです。
Watashi no namae wa Rizu desu.
Nama saya (adalah) Rizu.
りずはインドネシアから来ました。
Rizu wa Indoneshia kara kimashita.
(mengenai) Rizu, datang dari Indonesia.

Seperti itulah kira-kira fungsi partikel wa (は). Next lanjut ke partikel berikutnya yaitu mo (も)

Fungsi Partikel mo (も)

Partikel ini sih tidak terlalu sulit dan kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti "juga" dan rumus penggunaannya sama dengan partikel wa (は) di atas, yakni TOPIK TAMBAHAN+MO+PENJELASAN.

Contoh:
私もインドネシアからです。
Watashi mo indoneshia kara desu.
Aku juga dari indonesia.
みんなが行けば、私も行く。
Minna ga ikeba, watashi mo iku.
Jika semuanya pergi, aku juga pergi.

Pasti mina-san udah pada ngerti sama partikel ini bukan? Next, lanjut ke partikel terakhir hari ini.

Fungsi Partikel ga (が)

Partikel ga (が) ini berfungsi untuk mengidentifikasi subjek, sangat mirip dengan partikel wa (は), juga tidak memiliki arti. Contoh:

私がリズ。
Watashi ga Rizu.
Sayalah Rizu.
やる人が私です。
Yaru hito ga watashi desu.
Orang yang melakukannya adalah saya.

Adapun perbedaan partikel wa dan ga adalah jika subjeknya diketahui (oleh orang yang kita ajak bicara) maka gunakanlah partikel wa (は) dan jika subjeknya tidak diketahui gunakanlah partikel ga (が). Partikel ga (が) dan wa (は) juga kadang bisa saling ditukar. Misalnya 私は学生(watashi wa gakusei) dan 私が学生 (watashi ga gakusei) artinya sama “saya adalah murid” cuma ada sedikit perbedaan, kalau yang menggunakan partikel wa itu subjeknya sudah jelas, mungkin dia memperkenalkan diri bahwa dia adalah pelajar, tapi kalau yang menggunakan prtikel ga, kalimatnya mungkin diucapkan sebagai jawaban dari sebuah pertanyaan “誰が学生 (dare ga gakusei) siapa yang murid?”.

Memang susah dimengerti tapi semoga kalian bisa ngerti, yang penting jangan takut salah karena dalam bahasa itu tidak ada kata salah dan benar adanya lazim dan nggak lazim, jangan lupa juga untuk belajar pelajaran tentang bahasa Jepang lainnya dalam blog ini ya^^ dan kalau ada yang nggak mengerti jangan sungkan berkomentar ya,, ok ganbatte kudasai ne minna jaa, mata atode.

Baca Juga

7 komentar:

  1. maaf min mungkin ini pertanyaan aga nyeleneh tapi saya mau tanya Fase-fase yang harus dilakukan dalam belajar bhs jepang itu apa aja min ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap orang pasti macem2 sih fasenya, tapi biasanya pertama belajar hiragana dan katakana dulu, lalu menghafal kosakata dan frasa umum dan grammar dasar sambil belajar kanji basic juga

      Hapus
  2. terimakasih kak miftah riza... blog kakak sangan bermanfaat buat aku. saat ini aku kerja di perusahaan jepang, tapi aku tidak bisa bahasa jepang. semoga dari blog kakak aku bisa belajar banyak bahasa jepang biar dapat mempermudah pekerjaanku disini. terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama dan selamat belajar ya^^, semoga bisa cepat menguasai bahasa Jepagnnya^^.

      Hapus
  3. Terima kasih.... sangat bermanfaat dan membantu.. ditunggu materi selanjutnya ya... lagi getol getolnya belajar bahasa jepang nih.. doain smg cepet lancar ya.. hehe

    BalasHapus
  4. saran : untuk membedakan penggunaan partikel ga dan wa dlm kalimat. utk partikel wa adalah bersifat umum, sedangkan ga utk subjek yg lebih spesifik. cth: heya wa dare desuka? jwb : onna no hito desu. heya ga dare desuka ? jwb : Fatimah san Desu.

    BalasHapus
  5. Saya sangat senang mengunjungi dan belajar bhs jepang di blog ini :) sangat bermanfaat sekali ^_^

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.