Mengatakan "Harus" dalam Bahasa Jepang (~なくてはだめ/いけない/ならない) | Belajar Bahasa Jepang Bersama Mengatakan "Harus" dalam Bahasa Jepang (~なくてはだめ/いけない/ならない) | Belajar Bahasa Jepang Bersama

Mengatakan "Harus" dalam Bahasa Jepang (~なくてはだめ/いけない/ならない)

Kalau kemarin kita sudah mempelajari tentang mengatakan tidak boleh melakukan sesuatu, nah di hari ini kita akan belajar bagaimana pola kalimat untuk mengatakan kebalikannya yaitu harus (melakukan sesuatu).

Bagaimana caranya? Apakah kata negatifnya diubah ke positif? Hehe, salah, nggak diubah ke negatif, tetapi untuk mengatakan harus dalam bahasa Jepang kita menggunakan pola dobel negatif, kan kalau negatif tambah negatif sama dengan positif jadinya. Sama seperti bahasa Arab dong,ya, "la budda" : tidak boleh tidak : harus. Nah begitu juga dengan bahasa Jepang^^ kita akan menggunakan rumus dobel negatif, buat yang udah belajar dan paham dengan grammar kata kerja-te wa dame/ikenai/naranai kemarin pasti pelajaran ini akan terasa mudah banget. ok langsung aja kita mulai mengenal rumusnya.

Sebelumnya kalian harus tahu dulu cara mengubah kata kerja ke bentuk negatif buat yang belum tahu silakan (baca: Kata kerja bahasa Jepang bentuk negatif) buat yang sudah jago konjugasi negatifnya silakan lanjutkan.

Pertama-tama sobat harus mengubah dulu kata kerjanya ke bentuk negatif, lalu ganti akhiran i dengan kute (bentuk-te versi kata sifat-i) dan setelah itu tinggal tambahkan partikel wa (は), kemudian tambahkan salah satu kata dame (だめ, ikenai (いけない) atau naranai (ならない). Contoh:

食べる : taberu : makan → 食べなくてはだめ : tabenakute wa dame : harus makan
見る : miru : melihat → 見なくてはいけない : minakute wa ikenai : harus melihat
話す : hanasu : berbicara → 話さなくてはならない : hanasanakute wa naranai : harus berbicara
走る : hashiru : berlari → 走らなくてはだめ : hashiranakute wa dame : harus berlari
する : suru : melakukan → しなくてはいけない : shinakute wa ikenai : harus melakukan
来る : kuru : datang → 来なくてはだめ : konakute wa dame : harus tidak

Gampang, bukan? Selain itu banyak variasi lainnya untuk mengatakan harus, seperti menggunakan bentuk conditional ば atau と. Contoh:

来ないとだめ : konai to dame : harus datang
話さなければなりません : hanasanakereba narimasen : harus berbicara
食べないといけません : tabenai to ikemasen : harus makan

Dan satu hal lagi yang perlu sobat ketahui, bahwa grammar-grammar di atas terkadang sering disingkat di pembicaraan sehari-hari. dan ini dia bentuk-bentuk singkatannya.

食べなくてはだめ : tabenakute wa dame disingkat menjadi  食べなくちゃ : tabenakucha : harus makan

話さなくてはいけない : hanasanakute wa ikenai disingkat menjadi  話さなくちゃ : hanasanakucha : harus berbicara

死ななければなりません : shinanakereba narimasen disingkat menjadi 死ななきゃ : shinanakya : harus mati

帰らないとだめ : kaeranai to dame disingkat menjadi 帰らないと : kaeranai to : harus pulang.

Mengerti kan? Kesimpulannya yang pola nakute wa dame/ikenai/naranai itu disingkat menjadi nakucha, dan nakereba naranai itu disingkat menjadi nakya, dan nai to dame/ikenai sering disingkat menjadi nai to saja.

Oke sekian pelajaran dari saya kali ini^^, silakan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti, sampai ketemu lagi di lain waktu ya, jaa na.

Baca Juga

6 komentar:

  1. Kalau "tidak harus" dalam bahasa Jepang, bagaimana caranya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tidak harus berarti boleh kan? untuk mengatakan tidak harus, memakai pola ~te mo ii, silahkan cari pelajarannya di daftar isi^^

      Hapus
  2. Jadi intinya tidak boleh tidak = harus. Lucu juga ya

    BalasHapus
  3. kata sifat yang berarti harus bagaimana bunpou nya ? contoh, kegiatan ini harus gratis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 無料でなければなりません

      Hapus
  4. Min penggunaan dame, ikenai dan naranai itu tergantung bentuk kata kerja nya atau bebas ya. Thx

    BalasHapus

Pastikan menampilkan nama/username saat berkomentar, jika usernamenya "Unknown / Tidak diketahui" maka komentarnya tidak bisa ditampilkan.